Hai apa kabar semuanya !
sudah lama saya tidak membuat post untuk kalian semua. Kali ini saya akan membahas tentang "Teknologi Game", karena pada zaman sekarang ini banyak sekali game yang sangat bagus dari segi penampilan dan juga gameplaynya. Game adallah bukan suatu hal yang tabu lagi bagi kita, apalagi bagi anak - anak muda yang mayoritasnya hampir setiap hari memainkan game.
Pertama - tama kita akan membahas terlebih dahulu sejarah teknologi game dari awal sampai sekarang seperti apa.
Teknologi Game Generasi Pertama (1952-1975)
Pada tahun 1952 Sandy Douglas adalah orang yang pertama kali menciptakan teknologi game yang biasa kita sebut game Tic-tac-toe yang awalnya diprogramkan untuk komputer EDSAC vacuum-tube yang mempunyai layar CRT (Cathode Ray Tube).
Tahun 1958 game kedua yaitu Tennis for Two yang dibuat oleh William Higinbotham yang dimainkan di Osiloskop.
Tahun 1961 kebanyakan gamer pasti tau tentang game ini yang dibuat oleh Steve Russell. Game ini bernama "Spacewar!" yang terinspirasi oleh cerita fiksi ilmiah karangan Edward E Smith yaitu Skylark yang pada saat itu Steve menggunakan komputer mainframe MIT PDP-1.
Teknologi Game Generasi Kedua (1976-1983)
Di Teknologi Game generasi kedua ini biasa disebut sebagai debut pertama 8 bit atau kurang lebih 4 bit dalam sejarah komputer dan video game. Pada tahun 1976, dunia game dihidupkan kembali oleh Fairchild dengan karyanya yaitu VES (Video Entertainment System).
Di generasi kedua ini menjadi primadona konsol game yang diantaranya adalah Fairchild Channel F, Magnavox Odyssey versi 2, Attari 2600, dan Attari 5200.
Teknologi Game Generasi Keempat (1988-1993)
Teknologi Game generasi empat ini disebut dengan generasi 16 bit yang membawa perubahan pada gameplay, tata suara, grafik. Pada tahun 1988, Nintendo mendapatkan sambutan hangat oleh dunia. SEGA yang menyaingi Nintendo, merilis generasi konsol selanjutnya yaitu Sega Mega Drive.
Hal tersebut membuat persaingan antara SEGA dan Nintendo semakin ketat. Meskipun konsol dari SEGA ini memiliki gambar yang lebih tajam dan animasinya lebih halus dibandingkan Nintendo, tetapi tetap saja Nintendo berada di titik penjualan tertinggi.
Teknologi Game Generasi Kelima (1994-1999)
Pada tahun 1994, Atari kembali meluncurkan konsol untuk menyaingi konsol dari SEGA dan Nintendo. Atari Jaguar menyaingi kecanggihan SNES dan Mega Drive, tetapi penggunaannya yang sulit membuat tertarik pencinta game. Terlebih lagi pada saat itu Sony mengeluarkan konsol berbasis CD yang super legendaris.
Di Teknologi Game generasi lima inilah muncul konsol game yang bernama playstation yang diluncurkan oleh Sony. Generasi ini juga bisa disebut dengan era konsol 32 bit.
Konsol berbasis CD keluaran Sony menuai sukses untuk keluaran pertamanya yang kemudian menjadi konsol terlaris sepanjang masa. Karena merasa tersaingi, Nintendo meluncurkan Nintendo 64 dan SEGA merilis .
Teknologi Game Generasi Keenam (2000-Sekarang)
Teknologi Game generasi enam ini masih dikuasai oleh Sony. Pada tahun 2000, Sony semakin merajalela dengan merilis Playstation 2 yang berbasis DVD yang ukurannya lebih kecil. Xbox yang merupakan keluaran Microsoft adalah satu-satunya saingan Playstation.
Meskipun tampilan Xbox sangat tajam dan berkualitas, tapi ternyata game Xbox tidak bisa mengalahkan populernya Playstation 2. Sampai saat ini sony sudah meluncurkan Playstation versi 3, dan disusul versi ke 4.
Itulah sekilas tentang Sejarah dan Perkembangan Teknologi Game yang dapat penulis sajikan. Semoga bermanfaat bagi pembaca, terutama pencinta game.
Berdasarkan dari data grafik diatas pada tahun 2017 yang menunjukkan bahwa hampir 44 Juta jumlah pemain pada negara Indonesia. Persentase gamer pada tahun 2017 didominasi oleh laki - laki yaitu sebanyak 56%. Ada sekitar 66% orang yang menyaksikan permainan orang saat bermain game tersebut atau tutorial cara memainkan game. Gamer yang memainkan game PC ada juga yang memainkan game mobile atau console(PS4,PS3, dan Nintendo Switch) yaitu sebanyak 45%.
Para gamer pada umumnya pasti seminimal mungkin pernah menggunakan uang asli yang berguna membeli item pada game tersebut entah itu untuk manambah penampilan atau bisa juga untuk menambah kekuatan karakternya. Sebanyak 54% orang Indonesia adalah orang yang menggunakan uang asli yang kemudian ditukarkan dengan in-game money untuk membeli perlengkapan di dalam game. Telkomsel adalah provider yang sangat banyak pemakainya, dikarenakan speed internetnya yang sangat cepat, stabil, dan hal tersebut sangat cocok untuk para Gamer yang tidak ingin mengalami gangguan koneksi saat sedang memainkan game onlinenya.
https://newzoo.com/insights/infographics/the-indonesian-gamer-2017/
https://www.klikmania.net/sejarah-dan-perkembangan-teknologi-game/
0 comments:
Posting Komentar